METODE PENUGASAN
Dalam proses pembelajaran, siswa hendaknya
didorong untuk melakukan kegiatan yang dapat menumbuhkan proses kegiatan
kreatif. Oleh karena itu metode pemberian tugas dapat dipergunakan
untuk mendukung metode pembelajaran yang lain.
Penggunaan metode pemberian tugas bertujuan:
1. Menumbuhkan proses pembelajaran yang eksploratif
2. Mendorong perilaku kreatif
3. Membiasakan berpikir komprehensif
4. Memupuk kemandirian dalam proses pembelajaran
Metode pemberian tugas yang digunakan secara tepat dan terencana dapat bermanfaat untuk:
1. Menumbuhkan kebiasaan belajar secara mandiri dalam lingkungan bersama (kolektif) maupun sendiri
2. Melatih cara mencari informasi secara langsung dari sumber belajar yang terdapat di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat
3. Menumbuhkan suasana pembelajaran yang menggairahkan (rekreatif)
Kelebihan dan kekurangan Metode Penugasan
Secara singkat dapat diuraikan beberapa kelebihan dan kekurangan metode pemberian tugas, antara lain:Kelebihan metode penugasan adalah:
- Hasil pelajaran lebih tahan lama dan membekas dalam ingatan siswa.
- Siswa belajar dan mengembangkan inisiatif dan sikap mandiri.
- Memberikan kebiasaan untuk disiplin dan giat belajar.
- Dapat mempraktekkan hasil-hasil teori dalam kehidupan yang nyata.
- Dapat memperdalam pengetahuan siswa dalam spesialisasi tertentu.
- Siswa dapat melakukan penipuan terhadap tugas yang diberikan (Dikerjakan oleh orang lain atau menjiplak karya orang lain).
- Bila tugas diberikan terlalu banyak, maka siswa dapat mengalami kejenuhan sehingga mengganggu ketenangan batin siswa.
- Sulit memberikan tugas yang dapat memenuhi sifat perbedaan individunya dan minat dari masing-masing siswa.
- Pemberian tugas cenderung memakan waktu da tenaga serta biaya yang cukup berarti.
- Merencanakan pemberian tugas secara matang.
- Tugas yang diberikan hendaknya didasarkan pada minat dan kemampuan siswa.
- Tugas yang diberikan berkaitan dengan materi pelajaran yang telah diberikan.
- Jenis tugas yang diberikan hendaknya telah dimengerti betul oleh siswa agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik.
- Jika tugas yang diberikan bersifat tugas kelompok, maka pembagian tugas (materi tugas) harus diarahkan, termasuk batas waktu penyelesaiannya.
- Guru dapat membantu menyediakan alat dan sarana yang diperlukan dalam pemberian tugas.
- Tugas yang diberikan dapat merangsang perhatian siswa dan realistis.
- Hasil tugas siswa dinilai oleh guru.
Dalam proses pembelajaran, siswa hendaknya
didorong untuk melakukan kegiatan yang dapat menumbuhkan proses kegiatan
kreatif. Oleh karena itu metode pemberian tugas dapat dipergunakan
untuk mendukung metode pembelajaran yang lain.
Penggunaan metode pemberian tugas bertujuan:
1. Menumbuhkan proses pembelajaran yang eksploratif
2. Mendorong perilaku kreatif
3. Membiasakan berpikir komprehensif
4. Memupuk kemandirian dalam proses pembelajaran
Metode pemberian tugas yang digunakan secara tepat dan terencana dapat bermanfaat untuk:
1. Menumbuhkan kebiasaan belajar secara mandiri dalam lingkungan bersama (kolektif) maupun sendiri
2. Melatih cara mencari informasi secara langsung dari sumber belajar yang terdapat di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat
3. Menumbuhkan suasana pembelajaran yang menggairahkan (rekreatif)
Kelebihan dan kekurangan Metode Penugasan
Secara singkat dapat diuraikan beberapa kelebihan dan kekurangan metode pemberian tugas, antara lain:Kelebihan metode penugasan adalah:
- Hasil pelajaran lebih tahan lama dan membekas dalam ingatan siswa.
- Siswa belajar dan mengembangkan inisiatif dan sikap mandiri.
- Memberikan kebiasaan untuk disiplin dan giat belajar.
- Dapat mempraktekkan hasil-hasil teori dalam kehidupan yang nyata.
- Dapat memperdalam pengetahuan siswa dalam spesialisasi tertentu.
- Siswa dapat melakukan penipuan terhadap tugas yang diberikan (Dikerjakan oleh orang lain atau menjiplak karya orang lain).
- Bila tugas diberikan terlalu banyak, maka siswa dapat mengalami kejenuhan sehingga mengganggu ketenangan batin siswa.
- Sulit memberikan tugas yang dapat memenuhi sifat perbedaan individunya dan minat dari masing-masing siswa.
- Pemberian tugas cenderung memakan waktu da tenaga serta biaya yang cukup berarti.
- Merencanakan pemberian tugas secara matang.
- Tugas yang diberikan hendaknya didasarkan pada minat dan kemampuan siswa.
- Tugas yang diberikan berkaitan dengan materi pelajaran yang telah diberikan.
- Jenis tugas yang diberikan hendaknya telah dimengerti betul oleh siswa agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik.
- Jika tugas yang diberikan bersifat tugas kelompok, maka pembagian tugas (materi tugas) harus diarahkan, termasuk batas waktu penyelesaiannya.
- Guru dapat membantu menyediakan alat dan sarana yang diperlukan dalam pemberian tugas.
- Tugas yang diberikan dapat merangsang perhatian siswa dan realistis.
- Hasil tugas siswa dinilai oleh guru.
0 Komentar